Sosial Budaya

Melangkah bersama membangun Desa Kekeran sejahtera, cerdas, berbudaya,
dan ajeg berlandaskan Tri Hita Karana.

Keadaan sosial budaya yang dimaksud meliputi bidang sosial, pendidikan, kesenian, kesehatan, dan agama.

Bidang Sosial

Sosial diartikan kerukunan hidup bermasyarakat dan gotong-royong yang merupakan ciri khas dari penduduk Desa Kekeran sejak dulu sampai sekarang. Berbagai sarana yang telah dibangun sebagai bukti dari pelaksanaan kegiatan gotong-royong yang telah berlangsung adalah sebagai berikut:

Umum

  • Membangun balai banjar, kantor desa dan poskamling.
  • Membangun pos kesehatan yaitu puskesmas.
  • Prasarana ibadah berupa pura.
  • Membuat jalan antar banjar.

Perorangan

  • Membangun perumahan.
  • Membuat jalan setapak/gang.

Bidang Pendidikan

Pendidikan adalah ilmu dan seni, sebab didalamnya terdapat unsur pengetahuan dan unsur-unsur seni budaya. Pendidikan dapat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu pendidikan formal dan informal. Dalam upaya pelaksanaan pembangunan pendidikan formal di Desa Ringdikit dibangun berupa sarana pendidikan yang terdiri dari:

  • TK sebanyak 1 buah yaitu TK
  • SD sebanyak 3 buah yaitu SD No. 1 Kekeran, SD No. 2 Kekeran, SD No. 3 Kekeran.

Sedangkan untuk pendidikan informal, upaya pendidikan ketrerampilan yang dilakukan masyarakat adalah dengan membuka sanggar tari  yang bertempat di Desa Kekeran.


Bidang Kesenian

Sanggar Tari Gadung Kasmuri.


Bidang Kesehatan

Sarana kesehatan

Terdapat 1 buah puskesmas

Sarana air bersih

Masyarakat desa Kekeran biasanya memanfaatkan sarana air bersih berupa mata air, sumur gali, PAM, dan depot air isi ulang, dimana sarana ini sudah memenuhi syarat air bersih yaitu tidak berbau, tidak berwarna dan tidak berasa. Data dari penggunaan sarana air bersih ini adalah sebagai berikut:

Jenis Jumlah (Unit) Pemanfaatan (KK) Kondisi Baik/Rusak
Mata air 7 170 2 Baik / 5 Rusak
Sumur gali 791 818 Baik
PAM 5 5 Baik
Depot air isi ulang 1 156 Baik

Bidang Agama

Salah satu sektor yang tak kalah pentingnya adalah pembangunan di bidang agama, sebab pembangunan itu tidak akan seimbang apabila bersifat fisik, dengan meningkatkan pembangunan di bidang agama, akan menyeimbangkan bidang lainnya. Hal ini terbukti dengan adanya pembangunan tempat-tempat ibadah atau perbaikan pura milik desa dan pura dadia milik kelompok-kelompok.

Sebagaian besar masyarakat Desa Kekeran beragama Hindu. Adapun sarana/prasarana peribadatan yang dimiliki oleh Desa Kekeran secara keseluruhan berjumlah 1 buah Pura Desa, 1 buah Pura Puseh, 1 buah Pura Dalem, 1 buah Pura Pinatih, 1 buah Pura Mataram, pura Pasek Gelgel, dan lain-lain.

logo

Desa Kekeran terletak di Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung - Bali merupakan salah satu desa yang memiliki potensi untuk menjadi salah satu obyek wisata. Hamparan sawah yang membentang luas di sepanjang jalan membuat desa ini semakin indah dan asri.

Tetap Terhubung