Selasa, 14 Agustus 2018
desakekeran@yahoo.com (0361) 830036
Logo Desa Kekeran

Arah kebijakan pembangunan Desa Kekeran Tahun 2014- 2020 dalam rangka mengemban Visi dan mewujudkan misi pembangunan yang telah telah ditetapkan pada bidang – bidang pembangunan adalah sebagai berikut :

Bidang Pelayanan Umum Pemerintahan Desa :

  1. Meningkatkan jiwa pengabdian dan kesetiaan segenap aparatur pemerintahan Desa Kekeran sesuai dengan cita – cita bangsa Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
  2. Menata Lembaga Pemerintahan Desa dan memperkuat sumber daya Manuasia dengan meningkatkan kasitas dengan cara mengadakan pelatihan – pelatihan,aplikasi computer, pengarsipan dll guna meningkatkan mutu pelayanan terhadap masyarakat.
  3. Menyusun RPJM periode 5 tahunan sebagai dokumen perencanaan pembangunan di Desa serta menyusun RKP desa setiap tahunnya untuk mengefektifkan pelaksanaan pembangunan di desa sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat secara merata dan berkesinambungan menuju masyarakat yanag adil dan masyarakat yang mandiri.
  4. Mewujudkan tertib administrasi kependudukan sebagai perlindungan hukum kepada masyarakat.
  5. Memilik sikap yang melayani dan bukan untuk dilayani.

Bidang Ekonomi

  1. Memanfaatkan potensi sumber daya manusia dan sumber daya alam untuk menghasilkan produk kesenian, produk industri kecil dan kerajinan rumah tangga yang mimiliki nilai tambah bagi masyarakat yang ekonominya menengah kebawah serta menunjang pembangunan di desa.
  2. Meningkatkan pembangunan pertanian baik lahan basah ( sawah ) ataupun lahan kering ( perkebunan ) melalui peningkatan produksi , pasca panen dan pemasaran yang berwawasan agribisnis, dengan memperhatikan kelestarian sumber daya tanah dan air yang tersedia.
  3. Mengembangkan ekonomi kerakyatan ( petani, peternak,atau usaha mikro dan kecil lainnya yang bertumpu pada mekanisme pasar dengan penguasaan teknologi melalui bimbingan dan penyuluhan.
  4. Mengoptimalkan pengelolaan / penggunaan dana atau pendapatan yang berasal dari pemberian pemerintah daerah ataupun pusat dengan efektif dan efisien dengan dengan arah kebijakan yang ditetapkan.
  5. Mendorong peningkatan pertumbuhan dan pengembangan koperasi berbasis masyarakat dan lembaga keuangan mikro di desa untuk dapat meninhktkan akses permodalan bagi usaha mikro dan kescil di desa untuk dapat meningkatkan ekonomi kerakyatan yang tumbuh di desa.
  6. Mendorong pembangunan pariwisata yang tumbuh di desa untuk memperluas kesempatan kerja dan mendorong pembangunan usaha – usaha lain yang diakibatkan oleh pembangunan pariwisata sebagai dampak terhadap adat dan budaya serta pelestarian lingkungan berdasarkan Tri Hita Karana.

Bidang Pelayanan Kesehatan

  1. Meningkatkan pelayanan kesehatan yang bermutu dan terjangkau oleh masyarakat.
  2. Meningkatkan mutu pelayanan kepada balita dan lansia melalui Posyandu setiap bulan.
  3. Penigkatan kapasitas kader – kader Posyandu, Kader Lansia yang ada adi desa.
  4. Tertib administrasi penduduk yang tergolong rumah tangga miskin ( RTM ) untuk penyaluran beras yang diberikan oleh pemerintah.
  5. Memasyarakatkan oleh raga melalui pengadaan sarana dan prasarana untuk kegiatan senam lansia di masing – masing banjar di desa Kekeran.

Bidang Pendidikan

  1. Memelihara dan meningkatkan pelayanan pendidikan yang bermutu merata dan terjangkau bagi anak usia sekolah dengan pemeliharaan dan pengadaan prasarana dan sarana pendidikan.
  2. Menguapayakan pendidikan bagi keluarga kurang mampu / yang tergolong Rumah Tangga Miskin untuk dapat menyelesaikan pendidikan minimal pada tingkat pendidikan dasar 9 tahun.
  3. Memberikan bantuan motifasi kepada siswa miskin sebagai upaya pemerintah desa Kekeran membantu anak – anak yang kurang mampu.
  4. Menyelenggarakan pembinaan generasi muda melalui jalur pendidikan luar sekolah.
  5. Mengembangkan kualitas SDM sedini mungkin secara terarah melalui upaya – upaya pelayanan perpustakaan umum, Koran dan majalah dalam sekala desa.

Bidang Sarana dan Prasarana Penunjang

  1. Memelihara kondisi prasarana jalan yang ada baik jalan desa, jalan lingkungan jalan kabupaten yang ada di desa kekeran di pelihara dengan baik untuk memperlancar dan memudahkan transportasi masyarakat desa.
  2. Pembangunan dan peningkatan kualitas jalan usaha tani untuk memperlancar kegiatan di sector pertanian.
  3. Mempertahankan kondisi prasarana irigasi yang ada dengan mengedepankan partisipasi masyarakat dalam upaya pemeliharaannya.
  4. Pemasangan lampu – lampu peneranmgan jalan ditempat umum guna meningkatkan keamanan lingkungan di wilayah desa Kekeran.
  5. Momotifasi pembangunan masyarakat di wilayah desa Kekeran.

Bidang Ketertiban dan Keamanan.

  1. Memperkuat kelembagaan dan sumber daya manusia dan saran prasarana kegiatan satgas Linmas untuk menjaga keamanan di wilayah Desa.
  2. Megadakan ronda untuk menjaga keamanan dimalam hari yang dilakukan oleh anggota satgas Linmas sesuai dengan jadwal yang ada.
  3. Memelihara dan meningkatkan sarana alat komunikasi untuk keamanan desa.

Pengelolaan Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup dan Pembangunan

  1. Meningkatkan peran serta masyarakat untuk membantu pemerintah baik pusat ataupun daerah dalam pengelolaan dan pelestarian sumber dayan alam dan ekosistim dengan mengajak masyarakat dalam upaya pelestarian lingkungan melalui usaha penangkaran dan rehabilitasi habitat dan bekerja sma dengan lembaga , dan swadaya masyarakat dengan memberikan pembinaan dan penyuluhan’
  2. Mengembangkan serta memanfaatkan sumber daya air dan irigasi untuk memenuhi kebutuhan lainnya dengan selalu menjaga sumber mata air yang ada.
  3. Memberdayakan masyarakat petani Subak sebagai pemakaia air yang berperang penting sebagai pengelola jaringan irigasi di subak dengan mengatur pola tanam serta pemeliharaan sarana dan prasarana yang ada yang difasilitasi oleh pemerintah.
  4. Menentukan batas – batas daerah pemukiman dan batas – batas alam sehingga sehingga ciri khas daerah dapat dipertahankan.
  5. Membantu upaya pemerintah daerah dalam upaya tertib administrasi pertanahan, tertib hukum pertanahan, serta menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Bidang Penanggulangan Kemiskinan Perlindungan Sosial dan Peran Perempuan

  1. Membantu Pemerintah dalam pendataan rumah tangga miskin serta membantu tertib administrasi kependudukan terutama keluarga miskin sebagai perlindungan hukum dan terahnya pelayanan dan perencanaan pembangunan.
  2. Membantu pemerintah dalam program pengentasan kemiskinan.
  3. Meningkatkan kedudukan dan peran perempuan dalam partisipasinya dalam memperjuangkan kesetaraan dan keadilan gender.
  4. Meningkatkan dan kemandirian organisasi perempuan dalam rangka melanjukan usaha pemberdayaan perempuan serta kesejahtraan keluarga dan masyarakat melalui peningktan kapasitas sumber daya manusia.

Bidang Agama dan Sosial Budaya

  1. Memantafkan fungsi peran dan kedudukan agama sebagai lansan moral dan etika dalam penyelenggaraan pemerintahan desa dan masyarakat.
  2. Mengupayakan peningkatan kualitas pendidikan agama melalui peningkatan SDM di bidang pendidikan keagamaan dan peningkatan srana dan prasarana yang memadai.
  3. Memberikan penyuluhan agama kepada masyarakat serta memantapkan pelaksanaan upakara keagaamaan.
  4. Mengembangkan dan melestarikan kelmbagaan social budaya yang tumbuh dimasyarakat melalui peningkatan sumber daya manusia serta penyediaan sarana dan prasarana penunjang. Pendekatan dasar yang dipakai dalam menentukan kebijakan umum penganggaran adalah dengan dasar prioritas/pemeringkatan permasalahan dan peningkatan usulan kegiatan yang disepakati di dalam musyawarah perencanaan pembangunan desa yang diselenggarakan setiap tahunnya dan sesuai dengan sumber pendanaan desa yaitu :
    • Penyelenggaraan urusan pemerintahan Desa yang menjadi kewenangan desa di danai dalam anggaran pendapatan dan belanja desa, bantuan pemerintah dan bantuan pemerintah daerah.
    • Penyelenggaraan urusan pemerintah daerah yang diselenggarakan oleh pemerintah desa di danai dari anggaran pendapatan dan belanja daerah.
    • Penyelenggaraan urusan pemerintah yang diselenggaran oleh pemerintah desa dan di danai dari anggran pendapatan dan belanja Negara.